Rektor Universitas Pepabri Makassar Hidayat Marmin Raih Doktor Sosiologi di PPs-UNM



INVESTIGASIPLUS.COM

MAKASSAR – Rektor Universitas Pepabri Makassar, Ir. Hidayat Marmin, MT, berhasil meraih doktor bidang sosiologi perkotaan, Selasa 8 Juni 2021 di Program Pasca Sarjana UNM. Dia lulus dengan IPK 3 94, lulus dengan Nilai: A dengan Predikat Sangat Memuaskan

Hidayat menulis disertasi berjudul, Transformasi Ruang Publik Arsitektur Perkotaan, Studi Interaksionisme Simbolik pada Lapangan Karebosi, dan Mal Panakkukang Makassar.

Penulisan disertasi ini dibimbing Promotor, Prof Dr.Ir.Batara Surya, M.Si dan Kopromotor Prof Dr Andi Agustang, M.Si.

Adapun hasil penelitian disertasinya di antaranya dikatakan, ruang publik dalam konteks penelitian ini telah mengalami dua kali transformasi.

Awalnya Lapangan Karebosi/alun-alun orisinal memiliki fungsi yang majemuk, mengakomodir kepentingan raja dan rakyatnya pada perspektif budaya dan kekuasaan. Pada masa Kolonial Belanda, ia menjadi pencitraan atas kekuasaan penjajah, katanya.

Lapangan Karebosi bertransformasi untuk pertama kali pada masa pasca kemerdekaan ketika individu atau kelompok kelompok dalam masyarakat membentuk opini yang rasional di ruang publik,
menghilangkan pembatas kelas.

Konteks ruang publik arsitekturalnya mulai dirancang secara profesional sesuai aturan fungsionalisme, tegasnya.

Transformasi fase kedua, ditunjukkan dengan munculnya style dan pemaknaan yang sama dari pengunjung, menyesuaikan dan terpengaruh oleh unsur afektif ruang publik arsitektur terdesain.

Kaum kapitalis memulai cengkraman hegemoninya dengan memanfaatkan ruang publik sebagai komuditas. Pada Mal Panakkukang, menghadirkan reproduksi baru ruang publik.

Transformasi pada fase ini didahului munculnya doktrin postmodernis sebagai bagian dari wacana akhir kapitalisme yang mencari, mengeksplorasi dan mendefinisikan bentuk-bentuk baru kekuasaan,
yaitu kekuatan komoditas, kekuatan tanda, dan kekuatan simbol, ungkapnya.

Penelitian ini juga menghasilkan postulat yang merupakan konstribusi teoretis baru bagi ilmu sosiologi.

Konsep hasil penelitian ini merupakan perluasan konsep berfikir Lefebvre mengenai teori ruang publik, dimana ruang publik ternyata tidak selamanya satu fungsi, tetapi bisa saja memiliki multifungsi, sebagai tempat berinteraksi sosial ternyata ruang publik juga menjadi tempat untuk menjalankan aktifitas komersial.

Hidayat Marmin, lahir di Parepare / 25 Maret 1966. Tamat SDN 24 Parepare 1977. STN I Parepare 1981. SMA Negeri 2 Parepare 1984. Sarjana Teknik Arsitektur (S1) pada Fakultas Teknik Universitas Pepabri 1991.

Magister Teknik (S2) Program Studi Arsitektur pada PPs-Unhas 2006. Doktor Sosiologi PPs-UNM 2020.

Dosen Tetap Yayasan Pendidikan Dharmawirawan Pepabri, Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Pepabri Makassar, sejak 1997 s/d sekarang. Kepala Studio/ Laboratorium Arsitektur pada Universitas Pepabri Makassar 2000 s/d 2001.

Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan pada Fakultas Teknik, Universitas PEPABRI Makassar 2006 s/d 2010. Dekan Fakultas Teknik Universitas Pepabri Makassar 2010 s/d 2014.

5. Dosen Tamu pada Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Fajar Makassar, 2012 s/d 2013. Dosen Tamu pada Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Pejuang Republik Indonesia Makassar, 2014 s/d 2016.
7. Konsultan Teknik / Mitra Kerja Pemkot Parepare, Tahun 2015 sd. 2017

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Pepabri Makassar 2018 s/d 2019. Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Universitas Pepabri Makassar 2019 s/d 2020. Rektor Universitas Pepabri Makassar sejak 2020. (ulla/yahya).

Editor : Fakhruddin / Dhani Naba.