Prof. Gagaring Bicara Tata Kelola Manajemen Organisasi yang Efektif di Ma’had Al-Birr INVESTIGASIPLUS.COM



INVESTIGASIPLUS.COM

MAKASSAR – Ketua BPH Unismuh Makassar, Prof Gagaring Pagalung berbicara tata kelola manajemen organisasi pendidikan yang efektif di acara syawalan dan silaturahim Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar, 27 Syawal 1442 H/8Juni 2021 di Mini Hall Ma’had Al-Birr Unismuh.

Di hadapan keluarga besar Ma, had Al-Birr Prof Gagaring mengatakan, sebuah organisasi atau lembaga di manapun tidak akan bisa berkembang jika manajemen organisasinya tidak dikelola dengan baik.

Prof Gagaring mengambil contoh Muhammadiyah yang sekarang ini sudah berumur satu abad lebih telah maju dan berkembang karena manajemen organisasinya dikelola dengan sangat baik.

Muhammadiyah kata Prof Gagaring dalam masa berdirinya sampai sekarang bukan tanpa masalah, dari periode ke periode kepemimpinann nasional Muhammadiyah sering menghadapi masalah sekaligus mendapatkan pelajaran penting.

Melihat umur Muhammiuah lebih satu abad maka sudah matang mengelola organisasi buktinya organisasi Muhammadiyah masih kokoh sampai sekarang.

Dikatakan, pada awal pendirian Muhammadiyah oleh KH Ahmad Dahlan perjuangan awalnya fokus pada kegiatan keagamaan dan banyak sekali contoh contoh keteladanan KH Ahmad Dahlan yang diwariskan kepada bangsa dan negara ini. Kegiatan yang terkait keagamaan ini sudah dianggap selesai maka fokus lagi ke pendidikan dan kesehatan.

Setelah ketiga program diatas sudah berkembang maka pada muktamar muhammdiyah ke 47 di Makassar akan dikembangkan lagi ke pengembangan ekonomi dan ini yang masih terus diupayakan.

Di Ma’had Sl-Birr, Guru besar Unhas ini telah melihat sistem tata kelola yang sudah dibangun mulai bagus tetapi proses perubahan dari semua aspek termasuk aspek manajemen kelembagaan masih harus terus dibenahi agar Ma’had Al-Birr bisa lebih maju lagi.

Dikatakan dalam manajemen perencanaan modern secara umum terbagi beberapa aspek planning, yakni perencanaan jangka pendek, jangka menengah dan perencanaan jangka panjang. Setelah aspek perencanaan ini sudah matang maka memikirkan aspek penganggarannya lalu pelaksanaannya.

Setelah dilaksanakan selanjutnya kata Prof Gagaring adalah evaluasi dan monitoring kegiatan. “Pelaporan kegiatan harus secara tertulis, ” tandas, Prof Gagaring.

Hadir dalam acara Syawalan Direktur Ma’had Al-BirrAl-Birr Unismuh Makassar, H. Lukman Abd Shomad, Lc, Sekretaris Direktur Ma’had Al-Birr, Dr Ali Bakri, Wakil Dekan I FAI, Dr Ilham Muchtar, Lc, MA Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Dr H Abbas Baco Moro, Lc, MA, Ketua Pemuda PWM Sulsel Ely Oscar, dosen dan, beberapa mahasiswa Ma’had Al-Birr.(ulla/yahya).

Editor : Fakhruddin / Dhani Naba.

Investigasiplus.com