Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar Gelar Kuliah Tamu ASEAN Studies

INVESTIGASIPLUS.COM

MAKASSAR – Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar khususnya Kelas Mata Kuliah ASEAN Studies menggelar kuliah tamu dengan tema “Tantangan dan Peluang Politik Luar Negeri Republik Indonesia dalam Organisasi ASEAN dan Kawasan Asia Tenggara” pada Senin Siang, 10 Mei 2021 melalui zoom virtual meeting.

Rafika Arsyad, S.IP., M.H.I dari Universitas Peradaban jadi dosen tamu pada kegiatan tersebut. Bertindak sebagai moderator dan penanggap utama, Ahmad Harakan, S.IP., M.H.I selaku Dosen Mata Kuliah ASEAN Studies.

Pada sesi ini, Rafika Arsyad, S.IP., M.H.I secara spesifik membahas tentang Diplomasi Digital Indonesia sebagai negara anggota ASEAN di Kawasan Asia Tenggara.

Dia memaparkan perlunya keterlibatan mahasiswa milenial dalam diplomasi digital ini.

Seperti diketahui milenial Indonesia menjadi populasi terbesar dalam mengakses dunia digital, meski tambahnya ada beberapa tantangan harus diselesaikan yaitu rendahnya literasi milenial dan masih buruknya infrastruktur digital di Indonesia.

Sesi ini sangat menarik dan mendapatkan tanggapan dari berbagai peserta mahasiswa. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 100 mahasiswa.

Kegiatan berlangsung dari siang sampai sore hari ini mendapat apresiasi luar biasa dari Ketua Prodi IP Unismuh Makassar. Dr. Nuryanti Mustari, S.IP., M.Si

Doktor Administrasi Publik PPs-UNM ini menekankan adanya mata kuliah dan sesi kuliah tamu ini jadi bukti kinerja Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar memperluas wawasan mahasiswa dalam memahami kondisi politik dan pemerintahan secara luas.

Hal ini juga merespon situasi persaingan global yang menuntut mahasiswa memiliki wawasan dan pengalaman yang mumpuni.

Harapannya akan dilaksanakan kegiatan sejenis dengan mengundang beberapa mitra dosen luar negeri yang selama ini menjadi dosen tamu di Prodi yang memiliki tagline IP Elegan ini, kata sarjana pemerintahan FISIP Unismuh Makassar. (ulla/yahya).

Editor : Fakhruddin / Dhani Naba.