LP3M Unismuh Laksanakan Diklat SDM Editor Re- Akreditasi Jurnal, Ini Harapan Rektor Prof Ambo Asse



INVESTIGASIPLUS.COM

MAKASSAR – Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar, melaksanakan Diklat SDM editor dan Re-Akreditasi Jurnal, di Aula Fakultas Teknik, Kamis 3 Juni 2021.

Diklat yang menghadirkan 45 editor jurnal se Unismuh Makassar dibuka Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse.

Hadir mendampingi rektor Ketua LP3M Unismuh, Dr Abubakar Idham dan Sekretaris LP3M, Muh. Arief Muhsin, S. Pd, M. Pd.

Rektor Prof Ambo Asse dalam kesempatan ini memberikan support atas dilaksanakannya diklat SDM editor ini. Rektor berharap kegiatan ini diikuti dengan serius agar semua materi yang diberikan dapat disimak dengan baik. Kegiatan ini dianggap amat sangat penting, karena apa yang dilakukan ini dalam rangka re akreditasi jurnal sehingga bisa terakreditasi nasional dan internasional.

“Jika ini tercapai akreditasi jurnal internasional scopus dan akreditasi jurnal nasional SINTA maka Unismuh baru bisa unggul dan mudah mudahan target kita di tahun 2024 sebagai perguruan tinggi Islam terpercaya, unggul dan mandiri bisa dicapai,” harap rektor.

Rektor juga memuji mimpi-mimpi besar ketua LP3M Unismuh yang selalu ingin maju karena itu berharap pula bagi dosen Unismuh memiliki mimpi-mimpi besar. Kalau ada dosen yang tidak memiliki mimpi besar ini sudah. Dosen kata rektor harus memiliki mimpi yang tinggi yakni menjadi guru besar dan, jangan cuma sampai asisten ahli.

Ketua LP3M Unismuh Makassar, Dr Abubakar Idham, mengakui editor pada tingkat program studi dianggap masih dibawah standar kelayakan karena itu diklat SDM editor tingkat universitas sangat diperlukan.

Untuk mendorong kegiatan pelaksanaan editor pada tingkat prodi berjalan lebih maksimal lagi maka LP3M juga berupaya mendapatkan penganggaran dari Universitas untuk tenaga editor.

Abubakar idham juga mengatakan, LP3 M Unismuh Makassar telah bermimpi di penghujung tahun bisa menerbitkan satu jurnal pengabdian pada masyarakat yang selama ini belum ada.

Abubakar Idham menargetkan tahun ini akan terbit 5 jurnal yang ter scopus. Diakui akan banyak kendala dihadapi tetapi tetap akan diupayakan. Sekadar diketahui sekarang ini sudah ada beberapa jurnal yang masuk pada Sinta 2, Sinta4 dan Sinta 5 dan ada 6 jurnal dalam proses.

Sementara itu, Ketua Panitia, Muh. Arif Muhsin, S. Pd, M. Pd, mengatakan diklat SDM editor dan Re-Akreditasi untuk percepatan peningkatan akreditasi menuju jurnal internasional scopus dan peningkatan akreditasi jurnal nasional SINTA.

Makanya sebut Arif dalam diklat SDM editor menghadirkan pemateri yang memeliki kompetensi tingkat internasional, yakni Amirullah Abduh Ph.D, editor and chief Ijole UNM dan Andi Anto Patok, Ph.D dan tim jurnal LP3M Unismuh.

Arif berharap dengan diklat ini, jurusan yang selama ini belum memiliki jurnal akan terus dibina agar ada jurnal yang terindeks scopus. Menurutnya beberapa prodi pada tingkat jurusan sudah ada yang layak diajukan terindeks scopus. (ulla/yahya).

Editor : Fakhruddin / Dhani Naba.