HUT ke-64 Kodam Hasanuddin Gelar Donor Darah



Investigasiplus.com

MAKASSAR — Kodam XIV/Hasanuddin merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 menggelar donor darah bertempat di lapangan M. Jusuf Makodam, Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Senin pukul 09.00 Wita (31/05/2021).

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini, merupakan salah satu wujud kepedulian Kodam XIV/Hasanuddin dalam mencermati berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya masalah keterbatasan penyediaan stok darah.


 


“Sekarang ini kebutuhan masyarakat terhadap transfusi darah semakin meningkat, sehingga permasalahan ini harus kita sikapi bersama sebagai upaya untuk menolong sesama kita yang membutuhkan darah”, tuturnya.

“Terbatasnya persediaan darah yang dimiliki oleh Palang Merah Indonesia saat ini, menuntut kita semua untuk lebih memasyarakatkan kegiatan donor darah seperti ini dengan harapan bahwa setetes darah yang diberikan dapat menyelamatkan jiwa manusia yang membutuhkannya”, sambungnya.

“Untuk itu, maka dalam rangka menyambut  hari ulang tahun yang ke-64 tahun ini, Kodam XIV/Hasanuddin merasa terpanggil menyikapi masalah-masalah sosial kemasyarakatan, terutama dalam membantu meringankan kesulitan yang dihadapi masyarakat terkait dengan terbatasnya jumlah darah yang diperlukan.

Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-64 Kodam XIV/Hasanuddin kali ini, saya harapkan kiranya  dapat menggugah hati masyarakat pada  umumnya dan keluarga TNI pada  khususnya, untuk senantiasa peka terhadap berbagai masalah sosial di masyarakat”, jelas Pangdam.

“Saya memberi apresiasi dan menaruh perhatian besar terhadap kegiatan ini, sebab donor darah memiliki substansi dan nilai kebaikan bagi sesama manusia dan juga terhadap diri sendiri karena hal tersebut merupakan manifestasi yang paling nyata dari rasa kemanusiaan. Sedangkan disisi lain, donor darah juga berguna untuk kesehatan kita sendiri”, tutupnya.

Untuk diketahui kegiatan donor darah ini, selain dilaksanakan di Makodam juga dilaksanakan secara serentak di jajaran Kodam XIV/Hasanuddin diantaranya di wilayah Korem 141/TP di Bone, Korem 142/Tatag di Mamuju dan Korem 143/HO di Kendari serta Rindam XIV/Hasanuddin.

Sedangkan sasaran target di wilayah Makassar/Makodam sebanyak 600 kantong, jajaran Korem sebanyak 675 kantong dan di Rindam sebanyak 115 kantong, nantinya akan disumbangkan/pemenuhan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah masing-masing.

Investigasiplus.com